Tumbler Solusi Kurangi Pencemaran Plastik

Tumbler Solusi Kurangi Pencemaran Plastik
https://blogger.googleusercontent.com/img/b/R29vZ2xl/AVvXsEjpaxchYyJaQrtuTpk50CjP7J7RhQ6_W4r6NW2dk4jDDeJDSwLxc8nR6kcdmXp9eq6yi19YbzDP5CqcXe0AiDOmIJ1fvWGUCzPc3C7fSA19-sM_pNpHo5wdNu8v-hShjGRG_tqXOqmf0UXerGwIYcHHct94QJ2FA5DSk_0-iuL9eWPFJjveGPOcDPBzch4/s72-w400-c-h250/Suprabari%20Mapanindo%20Mineral%20Tumbler%20Tempat%20Minum%20Merchandise%20Tambang%202.jpg


Sampah plastik menjadi salah satu masalah yang saat ini sering kita dengar baik di media elektronik maupun di lingkungan kita. Berbagai cara di suarakan oleh pemerintah untuk meminimalisir penggunaan plastik, dari kantong belanja yang diganti dengan kantong kain (totebag), kantong kertas, bahkan tempat makan dan minum pun diberikan alternatif supaya dapat mengurangi jumlah penggunaan plastik sekali pakai. Dengan adanya alternatif tersebut manyarakat pun menyambut baik ajakan tersebut terbukti saat ini sudah banyak masyarakat yang membawa botol minum atau tumbler saat bepergian atau berangkat sekolah dan kerja.

Tumbler saat ini sudah banyak dikembangkan sehingga hadir dalam berbagai macam bentuk dan pilihan dengan keunggulannya masing masing, ada tumbler khusus untuk air panas, tumbler cup, tumbler untuk anak anak, dan lain sebagainya. Secara umum, tumbler difungsikan sebagai wadah untuk menyimpan air minum namun seiring dengan kepopulerannya tumbler menjadi sebuah barang yang sering dijadikan sebagai kado, hadiah, souvenir maupun media promosi sebuah perusahaan. Namun perlu di ingat pada sebuah tumbler atau botol minum, terutama yang berbahan plastik, biasanya terdapat lambang segitiga dengan angka dan kode huruf pada bawah segitiganya.



Lambang segitiga pada botol minum plastik, merupakan kode daur ulang. Sedangkan kode angka atau kode huruf menunjukkan jenis plastik yang digunakan.Bagi anda yang belum paham arti dari lambang dan angka tersebut. Yuk simak penjelasan berikut ini.

Memahami Kode Pada Botol Kemasan Plastik

Kode 1 (PET atau PETE)
Kode pertama pada botol atau kemasan plastik yang sering ditemui adalah angka 1 dengan tulisan PET atau PETE. PETE merupakan singkatan dari polyethylene terephthalate. Kode ini umumnya terdapat pada botol plastik bening yang digunakan untuk air kemasan.

Botol minum dengan kode ini hanya dirancang untuk digunakan sekali pemakaiannya aja. Bila terlalu sering dipakai, apalagi digunakan untuk menyimpan air hangat atau air panas, akan mengakibatkan lapisan polimer pada botol tersebut akan meleleh dan mengeluarkan zat karsinogenik yang dapat menyebabkan kanker. Selain itu pemakaian berulang akan meningkatkan risiko pertumbuhan bakteri.

Kode 2 (HDPE)
Kode kedua kemasan plastik yang sering ditemui adalah angka 2 dengan tulisan HDPE (high density polyethylene). Umumnya kode ini dipakai pada botol-botol kemasan perawatan tubuh, botol susu, botol jus, dan tempat detergen. HDPE merupakan salah satu bahan plastik yang aman untuk digunakan karena kemampuan untuk mencegah reaksi kimia antara kemasan plastik berbahan HDPE dengan makanan/minuman yang dikemasnya. HDPE memiliki sifat bahan yang lebih kuat, keras, buram dan lebih tahan terhadap suhu tinggi. Sama seperti PET, HDPE juga direkomendasikan hanya untuk sekali pemakaian, karena pelepasan senyawa antimoni trioksida terus meningkat seiring waktu.

Kode 3 (PVC ayau V)

Kode ketiga adalah angka 3 dengan tulisan PVC atau V. PVC atau Polyvinyl chloride adalah plastik lunak dan fleksibel yang digunakan untuk pembuatan selang, pembungkus kabel, frame jendela, kantong darah, plastik pembungkus (cling wrap), dan botol-botol. Namun sayang bahan ini bersifat toksik sehingga berbahaya jika digunakan untuk menyimpan bahan makanan dan minuman.

Kode 4 (LDPE)

Kode ke empat adalah angka 4 dengan tulisan LDPE (Low density Polyethylene) merupakan jenis plastik yang relatif keras, fleksibel, dan berwarna transparan. Biasanya, plastik jenis ini digunakan untuk kantong plastik belanja, kantong plastik sampah, cling wrap, stretch film, tutup minuman, pelapis kertas karton susu, dan mainan. Plastik LDPE bisa digunakan ulang dan relatif aman. Sayangnya, plastik ini tidak bisa didaur ulang.

Kode 5 (PP)

Kode kelima adalah angka 5 dengan tulisan PP (polypropylene) merupakan tipe bahan plastik terbaik. Botol minum yang menggunakan bahan ini aman jika digunakan berkali-kali. Karakteristik plastik PP adalah kuat, ringan, dan tahan panas. PP banyak digunakan untuk botol minuman, popok sekali pakai, wadah margarin, kantong keripik, dan sedotan. Plastik ini juga mudah untuk didaur ulang.

Kode 6 (PS)

Kode keenam adalah angka 6 dengan tulisan PS (polystyrene). Polystyrene adalah plastik yang murah, ringan dan mudah dibentuk dengan berbagai macam kegunaan. Bahan paling sering digunakan untuk membuat gelas dan piring styrofoam sekali pakai, pembungkus makanan, karton telur, dan sendok garpu piknik plastik. Sayangnya, plastik jenis ini tidak direkomendasikan untuk digunakan. Alasannya karena plastik ini berpotensi memicu kanker jika terkena panas, seperti makanan panas atau dihangatkan di microwave. Selain itu, plastik ini mencemari lingkungan dan berbahaya bagi ekosistem.

Kode 7 (Other)

Kode ketujuh adalah angka 7 dengan tulisan other. Plastik ini biasanya terbuat dari SAN (Styrene Acrylonitrile), ABS (Acrylonitrile Butadiene Styrene), dan PC (Polycarbonate. Biasanya produk dengan simbol ini akan mencantumkan kode SAN, ABC, atau PC.

SAN dan ABS memiliki ketahanan yang tinggi terhadap reaksi kimia, suhu, kekuatan dan kekakuan. Biasanya terdapat pada mangkuk mixer, pembungkus termos, piring, alat makan, penyaring kopi, dan sikat gigi. Sedangkan ABS, biasnaya digunakan sebagai bahan pembuatan mainan lego dan pipa. PC dapat ditemukan pada botol susu bayi, gelas anak di bawah umur tiga tahun, botol minuman polikarbonat, dan juga kaleng kemasan makanan dan minuman, seperti kaleng susu formula.

Namun, penggunaan botol dan wadah makanan dengan PC sangat tidak disarankan. Ini karena plastik dengan bahan PC mengandung bisphenol A yang bisa menganggu kesehatan. Jika ingin menggunakan botol plastik ini, pastikan bahan plastik yang dipakai sudah BPA free agar tidak berdampak untuk kesehatan.

Bagi Anda yang berminat memesan souvenir tumbler atau jenis aksesoris lainnya, anda bisa menghubungi kami. Kami siap menjadi partner yang profesional dan berdedikasi tinggi. Jangan ragu dengan bahan dan kualitas dari vizeta karena kami sangat mengutamakan kualitas. Maka dari itu yuk pesan sekarang juga!.
tumbler, botol minum, kode kemasan plastik, gelas, tempat minum, mug, cangkir, plastik, thermos, laser tumbler, sablon tumbler, grafir tumbler, tumblr, botol kemasan, solusi kurangi sampah plastik, Pelsart Tambang Kencana, Riau Bara Harum, Ricobana, Riung Mitra Lestari, Rejeki Kolaka, Sari Andara Persada, Satui Bara Tama, Semesta Centramas, Singlurus Pratama, Sriwijaya Bintang Tiga Energi, Sumber Kurnia Buana, Supra Bara Energi, Swadaya Hutani Alam, Salva Resources, SGS Indonesia, Servo Buana Resources, Sinarmas Santan Batubara, saipem indonesia, Schlumberger, solusi tambang indonesia, sorikmas mining, Sims Jaya Kaltim, Sinar Morakarta Perkasa, Sucofindo, Sulemandara Konawe, Tanito Harum,
Share this product :

Posting Komentar

 
Copyright © 2008. KEPALA SABUK | BELT BUCKLE | SABUK TAMBANG - All Rights Reserved